Hope you like it!

Hope you like it!

Beberapa permainan pada Piano

Saturday 19 February 2011


Menggapai Nada Tinggi / Rendah
Ada yang salah kaprah di dalam bernyanyi, salah satunya adalah “teknik menggapai nada tinggi/rendah”. Untuk lebih detailnya, silahkan baca penjelasan saya berikut ini:

NADA TINGGI

Pernahkah memperhatikan orang bernyanyi ketika ia mencoba membidik nada tinggi? Yang cenderung dilakukan orang ketika ia ingin membidik nada tinggi adalah menengadahkan kepala seolah-olah nada itu ada di atas kepalanya, bahkan tak jarang sampai urat-urat lehernya menjadi terlihat. Buat kita yang nonton kok rasanya “maksa banget”, ga takut putus tuh urat?

 :shock:

Canda, hehe…

 :lol:

Meskipun banyak orang memakai teknik tersebut, tetapi terus terang teknik ini tidak tepat. Kenapa? Karena dengan menengadahkan kepala, pita suara kita tertarik dan melebar sedemikian rupa sehingga nada tinggi menjadi lebih sulit dicapai; kalaupun bisa, suara yang dihasilkan terasa kasar dan pita suara menjadi mudah lelah.
Tips-nya: Ketika kita ingin menggapai nada tinggi, usahakan pita suara tidak tertarik dan melebar, tetapi justru tundukkan kepala sedikit saja (namun jangan sampai pita suara terjepit karena anda terlalu tunduk), baru kemudian bidik nada tersebut dengan power.
NADA RENDAH Pernahkah memperhatikan orang bernyanyi ketika ia mencoba membidik nada rendah? Yang cenderung dilakukan orang ketika ia ingin membidik nada rendah adalah menundukkan kepala sampai betul-betul tertunduk dan seolah-olah nada itu ada di bawah lehernya. :twisted: Buat kita yang dengar, “kok suaranya malah makin tidak terdengar ya?” :?: Teknik ini juga tidak tepat, karena dengan menundukkan kepala seperti itu pita suara kita menjadi terjepit sehingga nada rendah menjadi tak terdengar.
Tips-nya: Ketika kita ingin menggapai nada rendah, usahakan pita suara tidak terjepit, tetapi tengadahkan kepala sedikit saja (namun jangan sampai pita suara terlalu melebar dan tertarik), baru kemudian bidik nada tersebut dengan tenang.

No comments:

Post a Comment

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources Read more: http://designerlistic.net/buktikan-bahwa-aku-blogger-indonesia-sejati-dengan-copy-paste-code-badgebanner-ini-di-blog-mu/#ixzz1FUm7Dumt http://designerlistic.net Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike